Manfaat Susu Jahe

Manfaat susu jahe sudah banyak dirasakan oleh masyarakat luas dan telah dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh, ibu hamil, dan menyusui. Bahan dasar jahe yang memiliki rasa hangat ternyata memiliki sejuta khasiat dan selain itu cita rasa jahe yang khas dapat menambah kelezatan susu yang kita seduh.

manfaat susu jahe

Susu jahe adalah minuman campuran susu dan jahe yang disajikan dalam keadaan hangat. Untuk melihat manfaat susu jahe maka kita harus membahas khasiat dari kedua bahan yaitu susu dan jahe. Untuk susu mengandung vitamin diantaranya :
  • Vitamin A untuk kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, dan menambah sistem kekebalan tubuh
  • Vitamin D berguna untuk pelindung otot
  • Vitamin B12 berguna untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia serta menjamin kelancaran oksigen
  • Vitamin B2 berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker, mencegah migren serta katarak,(asam amino) dan asam pantotenat
  • Kalsium yang menguatkan tulang dan gigi
  • Fosfor yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh, dan gusi
  • ZINC yang berperan untuk membangun sistem kekebalan tubuh

Sedangkan manfaat jahe mengandung antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah sehingga menghindari tersumbatnya pembuluh darah yang menjadi penyebab stroke dan serangan jantung. Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinale Roscoe dan berasal dari Asia Pasifik, menyebar dari India sampai Cina.

Jahe juga berkhasiat menurunkan metoklopamid yaitu senyawa penginduksi mual dan muntah sehingga dapat digunakan ibu hamil untuk mengurangi morning sickness. Jahe juga sangat efektif untuk mengobati gangguan pencernaan dan penghangat badan.

Selain itu jahe juga dapat mencegah dan mengobati sakit kepala, migren, menurunkan kadar kolesterol, rematik, tukak lambung, antidepresi, menurunkan darah tinggi, hingga impotensi, dan masih banyak manfaat lainnya. Setelah mengetahui khasiat dari susu jahe apakah anda tertarik untuk mencobanya?