Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh sangat banyak, diantaranya ialah mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegah penyakit kanker. Selain memiliki khasiat untuk kesehatan, susu kedelai juga berkhasiat untuk ibu hamil, menyusui, kecantikan kulit, dan membantu dalam program diet anda.

manfaat susu kedelai

Susu kacang kedelai sebenarnya lebih tepat disebut sebagai sari kacang kedelai karena dibuat dari kacang kedelai. Orang menyebutnya sebagai susu mungkin disebabkan warna yang dihasilkannya berwarna putih seperti susu dan memiliki komposisi yang mirip dengan susu (3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat).

Adapun manfaat susu kedelai ini dapat kita rinci sebagai berikut:

Sebagai Antioksidan

Didalam kandungan kedelai terdapat senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi udara, sinar matahari, dan proses tubuh yang alami.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan protein dan isoflavon yang terdapat dalam kedelai sangat membantu untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Sehingga akan dapat mengurangi risiko penyakit jantung maupun stroke.

Mencegah penyakit kanker

Fungsi lain dari senyawa Isoflavon ialah sebagai agen antikanker yang dapat melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sehingga mampu menjaga tubuh dari kanker rahim, kanker payudara, dan kanker prostat.

Menguatkan tulang

Susu kedelai mengandung protein yang dapat membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tulang. Isoflavon juga berfungsi untuk menghambat kerusakan tulang, sehingga anda dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

Mengendalikan penyakit diabetes dan ginjal

Protein dan serat yang larut dalam susu kedelai dapat mengatur kadar glukosa yang ada dalam darah dan filtrasi ginjal. Sehingga secara otomatis akan dapat mengendalikan penyakit diabetes dan penyakit ginjal.

Selain itu susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wanita diantaranya:

Mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Masalah kewanitaan anda juga dapat diatasi dengan meminum susu kedelai secara rutin. Susu kedelai membantu dalam menunda estrogen alami tubuh untuk dapat mengurangi rasa sakit selama periode menstruasi dan gejala lainnya pada wanita.

Mengatasi gejala menopause

Kandungan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai dapat membantu mengatur estrogen. Isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita saat memasuki masa menopause.

Membantu program diet sehat

Program diet yang anda jalani dapat terbantu dengan konsumsi susu kedelai. Karena kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membantu dalam mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu dalam proses diet sehingga berat badan anda akan segera turun secara alami.

Demikian manfaat susu kedelai untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat meningkatkan minat anda untuk minum susu kedelai.