Manfaat Susu Kambing

Manfaat susu kambing sudah banyak terbukti secara medis untuk membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh baik orang dewasa maupun anak-anak bahkan ibu hamil sekalipun. Kandungan susu kambing kaya akan protein dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Salah satu jenis unggulan ialah jenis kambing etawa yang dapat menghasilkan susu berkualitas.

manfaat susu kambing

Salah satu kelebihan susu kambing dibandingkan susu sapi ialah kandungan protein susu kambing 2,1 kali lebih tinggi daripada susu sapi. Keunggulan lainnya ialah rantai asam lemak susu kambing lebih pendek dengan ukuran molekul lebih halus dibanding susu sapi sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu susu kambing mengandung 32,6% Kalsium dan 27,0% fosfor dari kebutuhan dasar harian, sedangkan susu sapi hanya mengandung 29,7% Kalsium dan 23,2% fosfor.

Susu kambing mempunyai gizi tinggi dan dapat dijadikan alternatif pengganti untuk orang yang alergi susu sapi. Untuk itu mari kita rinci secara lebih menyeluruh tentang khasiat dan manfaat susu kambing untuk kesehatan seperti dibawah ini :

Menyehatkan sistem pencernaan

Unsur lemak yang terkandung di dalam susu kambing ternyata lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Susu kambing juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga baik untuk diminum oleh orang yang memiliki radang usus sekalipun. Probiotik dalam susu kambing pun berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan. Susu kambing bekerja sangat baik untuk mengatasi asam lambung dan cocok digunakan sebagai obat sakit maag. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar, sehingga lebih efektif untuk anak-anak.

Mencegah alergi

Menurut penelitian, didalam kandungan susu kambing tidak terdapat protein kompleks sehingga risiko terjadinya alergi akan berkurang dibandingkan dengan minum susu sapi. Dengan kandungan protein sederhana tersebut maka susu kambing cocok dikonsumsi oleh orang yang alergi laktosa susu termasuk anak-anak yang memiliki sifat alergi tinggi dan sering timbul bisul.

Mencegah osteoporosis

Jumlah kalsium susu kambing tidak kalah banyak dengan kalsium yang terdapat dalam susu sapi, sehingga dapat menjadi pencegahan pengeroposan tulang atau osteoporosis terutama bagi orang yang telah lanjut usia. Selain sangat kaya akan kalsium, susu kambing juga kaya akan asam amino triptofan yang membantu dalam pencegahan osteoporosis.

Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing mengandung 35% asam lemak, sedangkan hanya 17% asam lemak yang terdapat dalam susu sapi. Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan menjadi solusi tepat bagi yang memiliki masalah usus. Asam lemak antimikroba (asam kaprilat dan kaprat) sangat melimpah dalam kandungan susu kambing.

Manfaat susu kambing lainnya

Manfaat lainnya ialah cocok untuk wanita hamil dan setelah melahirkan, cocok untuk wanita yang mengalami menopause, meningkatkan HB bagi penderita kurang darah (anemia), memperbaiki sistem pernapasan, paru-paru dan peredaran darah, membantu mengatasi penyakit kudis dan menghaluskan kulit, cocok untuk tumbuh kembang anak yang sudah tidak mendapat ASI lagi, cocok untuk anak autis, meningkatkan daya tahan tubuh penderita TBC dan berbagai penyakit infeksi.